Sabtu, 10 Agustus 2013

Cerita Lebaran

Lebaran lebaran daaannn lebaran
hari yang ditunggu-tunggu oleh jutaan umat muslim di dunia ini
hari kemenangan yang penuh kebahagiaan setelah sebulan penuh berpuasa, menahan diri dari segala macam perbuatan maksiat, dan tentunya menahan diri dari bergosip.

Bagi gue, lebaran bukan hanya menyisakan cerita yang menarik dan membahagiakan, tapi sekaligus menyisakan cerita yang menyesakkan dan miris, tentu saja. Seperti ini contohnya:
Lebaran tahun ini gue baru aja masuk ke semester 7, tapi ini adalah  lebaran keempat semenjak gue jadi mahasiswa, kok gitu?. iya dong, pas penerimaan mahasiswa baru dulu pas masih puasa, jadi pas lebaran, status gua udah mahasiswa doong.

Lebaran tahun 2010 (lebaran pertama gue tentunya)
kalo lebaran ga afdol dong kalo ga silaturahmi ke tempat sodara, oom, tante, pak de, buk de, nenek, mbah kakung, sama mbah uti. abis silaturahmi biasanya halal bi halal. semua keluarga pada ngumpul, ngegosip sana sini dan rumpi rumpi ce. pasti udah kebayang kan bakal ditanya apa sama oom tante pak de dan bukde?. yup, bener banget, sekolah dimana dan kelas berapa. pas lebaran itu gua dengan bangga kalo gua udah ketrima di universitas negeri satu-satunya di provinsi L*mp*ng. semua keluarga pada kagum, senyum-senyum, dan nepuk nepuk punggung gue terus bilang: "Waaahhhh pinter ya kamu, bisa ketrima disana". dan gue hanya senyam senyum gaje walaupun dalem hati bangganya setengah metong.

Lebaran tahun 2011 (lebaran kedua)
tradisi ngumpul ngumpul ga mungkin dibuang gitu aja dari tradisi keluarga, otomatis tetep ada rumpi-rumpi kan. sodara ada yang masih inget dan ada juga yang lupa kalo gue ini udah kuliah. yang ga inget palingan juga nanya gini: "kamu ketrima di universitas mana?". palingan dengan agak congkak dan berbangga hati gue tetep jawab dengan kalemnya: "Un*l* tante, oom". dan yang masih inget, mereka nanya gini: : "gimana kuliahnya? lancar kan? IPK nya berapa?". gue suka banget kalo ditanya kayak gini, itu artinya gue bisa nyombong, tapi teteeepppp dengan senyam senyum gaje sok polos, gue jawab: "masuk semester 3 tante, alhamdulillah IPK nya lumayan lah, ga jeblok-jeblok amat 3,54". bukannya gue sombong loh.

Lebaran tahun 2012 (lebaran ketiga alias lebaran kemaren)
pas ngumpul-ngumpul, yang ditanya cuma satu, "kamu semester berapa sekarang?". dan masih dengan senyam senyum gaje sok polos, gue jawab: "baru masuk semester 5 nih, alhamdulillah".

Lebaran tahun 2013 (lebaran keempat alias lebaran tahun ini)
ngumpul-ngumpul tahun ini gua ditanya gini: "udah lulus belom, kemaren dapet KKN dimana?". gue jawab: "belom, dapet di L*mp*ng B*r*t". lalu, mereka balik nanya:"ooohhh belom yah? semester berapa si sekarang? terus kapan wisudanya?". gue masih tetep senyam senyum gaje walaupun ga bisa nyombong, lalu ngejawab: "semester 7, insya allah Juni 2014, doain aja yah".

inilah cerita 4 lebaran gue. mungkin sejauh ini gue masih woles-woles aja. tapi gue yakin lebaran tahun depan gue ga bakal ditanyain semester berapa dan kapan wisuda, pertanyaan yang muncul pasti bakalan kayak gini:

"WAAAHHHH..... UDAH WISUDA YA? KAPAN NIKAH?"

Hadeeeehhh.... gue bakal galau setengah metong ngedenger pertanyaan kayak gini, dan gue juga ga yakin bakal tetep bisa senyam senyum gaje sambil ngejawab sok polos. bener emang kata pepatah:

"SEPANDAI-PANDAI BANGAU TERBANG, BAKAL JADI KECAP JUGA"

Eeeehhh salah, bukan yang itu, maksudnya:

"SEPANDAI-PANDAI TUPAI MELOMPAT, AKHIRNYA PAS LEBARAN BAKAL DITANYA JUGA KAPAN NIKAH"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar